Minggu, 15 Maret 2015

MENURUT ANDA ALAT MASAK STAINLESS STEEL AMAN ?

Campuran logam stainless steel mulai larut pada suhu memasak 49°C.


Peralatan masak stainless steel biasanya terbuat dari paduan logam yang berbeda, termasuk logam bekas, ada beberapa grade stainless steel, 304, 18/8 (18% crome dan 8% nikel) dan 18/10 dan lain-lain.
Kebanyakan stainlees steel yang terbaik kualitasnya dan yang dipakai sebagai alat masak adalah grade 18/10, karena sifat lunak logam grade ini, pada saat dipanaskan akan memuai dan makanan menjadi lengket. Kemudian anda paksakan untuk memasak dengan menggunakan minyak sehingga wajan susah dibersihkan. Adanya bahan asam alami dan garam yang terkandung dalam makanan menyebabkan terjadi reaksi kimia pada permukaan area pemasakan.

Dr Shelton's "Hygenic Review" menyatakan : "Baja yang digunakan pada alat masak stainless steel pada umumnya bukanlah jenis logam yang terbaik untuk memasak. Kebanyakan stainless steel yang dijual di toko-toko dimungkinkan campuran krom dan nikelnya mencermari makanan melalui reaksi kimia antara air dan makanan dengan dinding dari alat masak saat dipanaskan (sebagai garam dan asam akibat hasil reaksi makanan dengan alat masaknya).
Senyawa krom dan nikel dalam stainless steel lebih cepat terlarut ketika dipanaskan lebih 120
°Farenheight = 49°C, krom dan nikel mengendap bila masuk kedalam tubuh dan tidak dapat dihilangkan. Dalam jangka waktu tertentu, tumpukan keduanya dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Divisi Ilmu Pengetahuan, Teknik dan Teknologi Universitas Pennysylvania, USA menyatakan : Stainless steel banyak digunakan pada alat pengolahan makanan dan peralatan memasak dirumah dan komersial. Stainless steel mudah digerogoti oleh asam organik, terutama pada temperatur memasak karenanya besi, kromium, dan nikel mudah terurai ke dalam makanan. Nikel menimbulkan berbagai masalah kesehatan, khususnya alergi kulit. Sebaliknya krom dan besi berfungsi penting menjadi sumber ketahanan karat, home cookware yang telah diuji dengan spektroskopi serapan atom : tujuh jenis Stainless Steel yang berbeda serta besi cor, baja ringan, Aluminium dan baja enamel. Bahan-bahan tersebut dikondisikan sedikit asam pada titik didih. Nikel adalah produk korosi utama pada peralatan dari stainless steel dan besi juga terdeteksi. Disarankan bahwa pasien yang sensitif pada nikel beralih ke bahan selain stainless, dan alat masak stainless steel bahwa industri secara serius mempertimbangkan beralih ke formulasi non nikel.

316 Titanium (316Ti)  sebagai logam Alat masak paling aman.

PictureAlat masak yang terbuat dari Stainlees steel 316 Ti masih baru bagi kita, karena kurang lebih baru 9 tahun ini diperkenalkan di dunia, khususnya USA , alat masak jenis ini dipelopori oleh Saladmaster..

Alat masak ini terdiri dari 3 lapis bahan yaitu : 1. Lapisan terluar digunakan baja Stainless Steel seri 400 yang bercampur  dengan  Molibdenum untuk memberi permukaan yang cemerlang, tahan karat dan dapat dipergunakan untuk kompor induksi.

  2. Lapisan tengah digunakan sebagai penghantar panas yang dapat membawa panas
    dengan cepat kesegala permukaan
bagian sisi dinding panci  
 3. Lapisan terdalam yang bersentuhan dengan masakan digunakan baja Stainless 316 Ti (Titanium). 316 Ti adalah logam paling aman saat bersentuhan dengan masakan dan panas karena tidak terjadi reaksi kimia yang membuat terjadinya migrasi logam masuk ke masakan sehingga tidak merubah rasa masakan dan tidak meracuni masakan anda. . 316 Ti adalah Stainless Steel bermutu tinggi standart untuk alat bedah, itu adalah grade tertinggi dalam industri alat masak. Stailess Steel 316 Ti memiliki perpindahan panas yang sempurna, artinya anda tidak perlu memasak menggunakan minyak sehingga lebih mudah untuk dibersihkan. 316 Ti aman karena tidak bereaksi dengan asam dan garam alami dalam makanan anda 

Mengapa 316 Ti sebagai pilihan ?
316Ti memberikan permukaan alat masak terbersih, tersehat dari semua alat masak yang dibuat di seluruh dunia. Saladmaster menyediakan bagi anda baja anti-karat yang memberikan resistan maksimal terhadap reaksi kimia dengan garam, asam, dan alkali dalam makanan yang sedang disiapkan. Hal ini memastikan bahwa makanan yang sedang disiapkan untuk keluarga tidak mengandung hasil tambahan logam dari reaksi kimia terhadap logam dalam proses memasak. Anda dapat pastikan bahwa nutrisi maksimal dipertahankan dan penghematan waktu juga energi adalah hal yang nyata.
Saladmaster sendiri tidak perlu melebih-lebihkan, menyesatkan, atau membesar-besarkan pernyataan yang dibuat dalam hal kualitas, performa, dan nilai Solutions Ti. Kebenaran tentang Saladmaster sudah cukup menakjubkan. Saladmaster menerapkan standar tinggi untuk teknologi, keuntungan bagi pengguna, nilai, dan integritas. Gunakan hanya alat masak dengan logam paling aman yaitu 316 Titanium.



Untuk keterangan dan kontak, hubungi :
Dealer Saladmaster/ Klub Masak Sehat
WA 0816758668, Line sienhwawiniati
HP +6281 57634777
Email : saladmaster_smg@yahoo.com
Web : www.saladmastercookware.weebly.com
Web international : www.saladmaster.com


Blog : www.saladmasterhealthycookware.blogspot.com.

1 komentar:

  1. Terima kasih infonya. Tambah lagi satu prngetahuan saya tentang logam dan pencemarannya terhadap makanan.

    BalasHapus